Jumat, 11 September 2020

Sejarah, Jenis , Serta Pengertian pengertian rompi





 Dalam dunia  Fashion, seringkali kita mendengar istilah Cardigan, Sweater, Bolero, Blaze, dan Rompi. Karena memang beberapa istilah dari busana diatas itu merupakan sesuatu yang umum dimasyarakat.

Di artikel kali ini saya akan membahas seputar  Sejarah, jenis, Serta Pengtian rompi 


Pengertian rompi 

rompi merupakai sejenis pakaian atasan yang di desain khusus tanpa menggunakan lengan pakaian ini dapat di pakai yntuk beberapa kepentingan; seperti rompi yang di pakai untuk kegiatan formal, kegiatan berkendara, atau untuk sebagai pelengkap fashion, 

nama lain rompi adalah vest, istilah vest bersal dari kata dalam bahasa perancis yang berarti "veste" yang artinya model baju atasan tanpa lengan yang menutupi tubuh bagian atas. 

pakaian yang satu ini di populerkan pertama kali oleh charles II dari inggis, yang pada saat itu ia menjadi Prince of Walles. 

awal nya pakaian ini di gunakan sebagai pelapis di atas pakaian  pria dalam acara formal, namun lama lama kemudian pakaian ini tidak hanya di pakai oleh kaum pria, wanita pun saat ini banyak yang memakai rompi sebagai atasan mereka.

manfaat rompi bagi penggunanya 

Rompi memiliki beberapa maanfaat bagi pemakainya, berikut ini adaah beberapa manfaat yang saya kutip dari beberapa sumber : 

1. menjaga kehangatan Tubuh Terutama bagian dada

banyak di antara kalian yang jika menggunakan rompi terasa nyaman saat di genakan dan cocok untuk di jadikan sebagai pakaian sebuah komunitas , misalnya seperti club motor yang menjadikan rompi sebagai seragam mereka, karena saat kita mengendarai motor tentunya kita rentan terhadap masuk nya angin, terutama di bagian dada. 

2.Menjadi pelengkap pakaian dan Menambah penampilan menjadi terlihat begitu cool 

selain menjaga kehangatan tubuh, rompi juga bisa di gunakan sebagai pelengkap pakaian agar terlihat rapi dan cool. 

serta fashonable, fakta nya cowo atau cewek yang memakai rompi akan terlihat keren, rap, dan cool, 

3. sebagai atribut dalam pekerjaan (profesi)

selain di gunakan untuk menjaga kehangatan tubuh dan pelengkap pakaian, rompi juga bisa bisa di gunakan dalam beberapa pekerjaan sebagai seragam mereka, seperti: pekerja di perkebunan, polisi lalu lintas, polisi militer yang menggunakan rompi sebagai alat pelindung dari peluru, dan masih banyak lagi kegunaan nya. 

selain banayak manfaat dan penggunaan nya, rompi pun memeiliki banyak jenis nya di antaranya : 

1. Rompi Denim

Rompi Denim atau bisa dikatakan rompi jeans. Rompi ini berbahan dasar jeans, yang jika kita pakai kenyamanannya seperti memakai jaket jeans. Rompi ini cocok jika dipadukan dengan segala jenis item fashion lain untuk gaya yang santai. dan kebanyakan rompi ini di gunakan oleh kaum wanita agar terlihat fashionable serta elegan.. 

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi


2. Rompi Motorcycle

Rompi ini  digunakan untuk kalian  yang suka bermotor atau untuk kalian yang memang anggota dari sebuah Club Motor, rompi ini cocok dipadukan dengan gaya rock n roll khas anak motor. agar terlihat sangar dan macho. 

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi


3. Rompi Fullback

Jenis rompi ini biasanya dibuat sebagai pelengkap Tuksedo. Umumnya, model rompi ini bagian belakang tertutup penuh dan memiliki strap di belakang yang bisa di sesuaikan ukuran pinggang. Rompi ini cocok untuk acara formal dengan tema Glamour.

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi



4. Rompi Knit

Rompi ini awalnya jenis rompi berkerah V dan tanpa kancing. Tapi kini tersedia dalam berbagai model, dari yang panjang sampai model cropped. Rompi ini biasanya digunakan wanita kantoran dengan fashion modern seperti yang ada di gambar.

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi


5. Rompi Cropped

Rompi yang satu ini memiliki potongan yang biasanya di atas garis pinggang. Kelebihan rompi model ini bisa membentuk tubuh agar terlihat tinggi, dan cocok digunakan untuk Anda yang bertubuh mungil.

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi



6. Rompi Army

Rompi jenis ini memiliki potongan seperti jaket safari tanpa lengan, rompi ini tentu saja identik dengan warna hijau kargo seperti gaya rompi tentara, atau biasanya kita sebut hijau doreng.

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi


7. Rompi Floral

Nampaknya pakaian ini tidak cocok jika disebut dengan rompi , karena biasanya dipakai wanita-wanita jaman sekarang, dan mereka menyebutnya dengan Floral Vest . Identik dengan bunga-bunga ditiap bagiannya

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi


8. Rompi Sweater

Rompi ini biasanya disebut dengan Sweater Vest , cocok dipakai saat musim dingin disaat anda pergi kerja dengan gaya formal. Cocok dipakai pria maupun wanita

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi



9. Rompi Safety

Rompi Safety ini biasanya digunakan untuk para pekerja lapangan yang diwajibkan untuk memakai rompi agar sesuai dengan prosedur yang ada di lapangan dan juga untuk keamanan sebuah pekerja di perusahaan

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi


10. Rompi Puff

Rompi Puff ini sekarang lagi ngetren di dunia fashion, karena banyak influencer dan orang-orang terkenal yang memakai rompi jenis ini. Selain menghangatkan tubuh dari cuaca dingin, rompi ini sangat keren dan fashionable sekali.

Sejarah,jenis,serta pengertian rompi

Demikian Pengertian, jenis serta sejarah yang saya tahu, jika ada yang ingin menambahkan bisa di comen di kolom komentar.... 

1 komentar:

  1. pake rompi motor buat turing paling cocok kalau pakai ayang berbahan kulit. kalau mau tahu lebih lanjut mengenai rompi bisa cek di sini !

    BalasHapus